Monday 22 June 2009

Cetakan cetakan penting di dapurku...




Cetakan kue ku berbentuk punggung kura kura yang terbuat dari plastik ini banyak ditemukan di TBK. Aslinya dibuat dari kayu, tapi sepertinya sudah jarang dijual orang sekarang. Harganya kalau nggak salah sekitar Rp 7,500an. Ada yang ukuran kecil, ada yang besar.





Cetakan donat (atau cookies) berbentuk bintang.





Cetakan donat, bentuknya variasi. Tapi menurutku yang paling bagus dan paling gampang dipakai adalah yang berbentuk bulat biasa (ujung kanan atas). Kalau yang berbentuk macam macam, setelah proses proofing kedua, bentuk donat malah jadi aneh, apalagi setelah digoreng.






Ini adalah cetakan kastengels dari aluminium (ada juga yang dari plastic). Ujungnya ada yang persegi, ada yang sedikit oval. Dulu waktu masih sering bikin kastengels, aku sering pakai alat ini. Kelemahannya, bentuknya kecil kecil dan rapet adonannya sering tertinggal di cetakan. Terakhir terakhir, karena sudah nggak setelaten dulu lagi, aku suka potong adonan kastengelsnya pakai pisau trus dibentuk sedikit ujungnya pakai tangan...lebih cepet dan lebih gampang .. :)



2 comments:

hanna bilqis said...

cetakan donatnya beli dimana ... q mo beli tp ga tau nyari cetakan yang kya gtu belinya dmna ... tolong di bales ya ... q lg butuh cetakan donat ... trim's :)

hanna bilqis said...

askum saya hanna ... klo blh tau cetakan donat bintang & bunganya beli dmna ... q lg butuh cetakan donat .... tolong di jawab yaa ... ???