Wednesday 1 July 2009

Fondant / Plastic Icing




Buat yang belum tahu, ini adalah yang disebut Fondant. Bentuknya seperti playdough, atau malam mainan anak anak, tapi yang ini bisa dimakan. Biasanya dibuat hiasan cake / kue, bisa dibentuk menjadi patung kecil kecil, bunga, dan lain lain yang disebut figurine. Rasanya manis karena terbuat dari gula.



Fondant bisa diberi warna dengan pewarna yang oil-based / pasta. Sebelum dipakai, harus diuleni dulu sampai lentur. Pada saat menguleni, kalau terlalu lengket, bisa ditambahin sedikit tepung maizena atau icing sugar. Fondant gampang lembek dan mengkilat (in negative term), karena itu kalau figurinenya sudah jadi, sebaiknya disimpan di ruang yang kering dan ber AC, tapi tidak boleh masuk kulkas.


Kalau belum dipakai, simpan fondant dalam plastik dan masukkan tempat kedap udara. Konon fondant yang disimpan dengan baik bisa bertahan selama 1 tahun.


Untuk merekatkan fondant, bisa pakai sedikit air dikuaskan ke permukaan fondant yang akan ditempel. Atau menggunakan CMC (beli di TBK) yang dicairkan dengan sedikit air.


Kalau fondant terlalu kering, (ini saran dari temenku Yuli Nur Elia), dikepal kepal dulu sampai hangat atau kalau saran dari Vin, diberi glycerin yang food grade baru diuleni lagi.

Fondant ada berbagai merk, antara lain Bekels, Fondx. Yang aku photoin di atas merknya Fondx, harganya Rp 40,000/kg (beli di toko 8 Surabaya)

No comments: