Monday 8 February 2010

Cake decorating with my love



Waktu aku membuat pesanan cakenya pak Ribut, Cinta eager sekali ingin membantu decoratingnya. Tapi tidak mau hanya diberi pekerjaan yang simple simple, dia maunya ikut mendekor the whole cake. Tentu saja tidak aku ijinkan. Kalau sampai cakenya error kan repot, harus buat lagi. Karena itu aku janjikan, hari Minggu nanti kita bikin cake,dan dia boleh menghias semaunya. Dia setuju.


Sabtu siang sebenarnya aku sudah siapin cakenya, tapi aku masih cape dan masih pengen malas malasan. Sementara Cinta sudah ribut terus, nggak sabar pengen cepet kerja. Untung dia nemu kegiatan lain, mendandani Barbie dengan si mbak, jadi aku bisa puas tidur dulu. Cake baru dihias Minggu pagi.

Pertama aku ajarin motong cakenya. Hasilnya : miring :). Nggak papa…

Lanjut dengan membasahi cake dengan air dark cherry. Berhasil, sembari airnya muncrat sana sini. Cinta usul, biar cepet, daripada dibasahin pake kuas, mendingan dituang aja airnya sekaligus keatas kue, trus baru dikuas... hehehe...dia pikir ini menggambar pakai cat air mungkin....nggak tau kalau air sudah disiram ke atas kue langsung terserap. Kalau mau diratakan pakai kuas malah hancur semua.




Step berikutnya, menata dark cherry di atas cake. Gampang, berhasil dengan sempurna.



Trus, ini yang dia paling tunggu tunggu. Main cream memakai piping bag. Cream disemprotkan ke atas cake yang telah dibasahi dan diberi dark cherry. Bentuknya nggak masalah, karena akan ditutup dengan potongan cake di atasnya.



Selesai membuat filing, kerja dilanjutkan di kamar, karena di luar kamar panas dan ganachenya cepet lembek.

Sekarang membuat pinggiran cake. Aku ajarkan cara menekan piping bag supaya hasilnya konstan. Susah payah Cinta berusaha, tentu saja ada yang bagus, ada yang mleyot.




Di scrap. Nggak mau aku bantuin nutup bagian yang berlubang. Katanya tugas Mamam hanya muter mejanya (Lazy Susan) dan motret aja.





Lalu ganache di spuitkan di atas cake. Lihat seputar mulut Cinta yang belepotan ganache. Itu karena sambil ngedecor, dia berkali kali mencolek ganache untuk dimakan.



Trus nata buah…


Menata coklat pagar...




Karena coklat pagarnya cuma sedikit (sisa cakenya pak Ribut) maka tidak jadi dipasang mengelilingi pinggir cake. Instead, di potong jadi 2, dipasang di atas cake saja.


Sambil kerja, sambil lihat TV, konsentrasi mulai pecah karena ada film Tom & Jerry di TV.



Waktu naruh potongan kiwi, aku kurang perhatian, tahu tahu aku lihat banyak bulu di atas cake…ternyata dia pasang kiwinya terbalik :D


Terakhir mengoles buah dengan apricot glaze.




Kue jadi. Simpan di fridge dulu biar beku.





Beberapa jam kemudian, selesai makan siang Cinta minta potong cakenya. Maunya dia sendiri yang potong. Ya wis, boleh…



Setelah dipotong dan ditaruh di atas piring kecil, diulurkan ke aku. Aku pikir mau ngajak makan bareng. Nggak tahunya dia bilang ‘Itu buat Mamam aja’

‘Lha yang buat Niek mana?’

‘Niek nggak mau. Niek nggak suka cake”.

Halah…..dia sendiri nggak doyan !






Ini hasil dekorasi Cinta…. Apakah tidak ada campur tangan Mamamnya sama sekali? Tentu saja ada…what do you expect from a six-year-old girl :)

5 comments:

Anonymous said...

Cinta cantik banget ya mbak..matanya bagus banget....salut buat Cinta, efforts bagus banget sekaligus mommy nya...sabaaarr.:)

Dian

Hanna said...

Terimakasih, Dian :)

Mommy-nya sabar karena nggak ada pilihan lain :)

Tuty said...

Han,
You are so sweet and so is Cinta. This will be an unforgettable moment for her. She's actually quite talented already just watching mom.

Hanna said...

Thank you, Tut.

Actually what I'm afraid of is, she hates me because I am too busy doing my side business or she hates cooking because she thinks I love cooking more than her. That's why I always try to involve her as much as possible, or give her special time special time to have fun in the kitchen :)

And yes, it seems that she's talented. Anytime she plays with her plastisin, her favorite shapes are birthday cakes (with a plastisin candle on the top) and cookies! :D

Toko Mainan Main Yook said...

wah hebat yah kecil2 dah bisa bikin cake keren..kalah deh akyu ;-)