Tuesday 3 August 2010

Asem Asem Kikil a la Keluarga Cinta


Dulu waktu masih bujang dan sering pulang ke Semarang pakai travel, aku sering makan asem asem kikil di satu resto yang sering dijadikan pemberhentian travel, di daerah Tuban. Kalau dari Surabayanya malam, travel akan sampai di Tuban sekitar jam 12 malam….dan kalau berhentinya di resto ini, ngantuk nggak ngantuk pasti aku turun dan makan,soalnya asem asem kikilnya menurut aku enaaaak banget. Bening, dan sedap, padahal melulu hanya kikil, nggak pakai sayuran apa apa. Nggak tau sekarang masih ada atau enggak ya…. Sudah lama kalau ke Semarang nggak lewat Tuban sih…


Kangen sama asem asem kikil ini, Minggu lalu aku coba bikin sendiri….hasilnya sueger…memang beda dengan yang di Tuban, tapi tetep enakkkk…

Kuncinya, waktu merebus kikil, aku nggak pakai panci presto,tapi pakai panci biasa. Pengalaman masak kikil dengan panci presto, memang cepat sih, tapi jadinya malah terlalu lembek dan bau prengusnya terlalu parah, malah enegh.

Nah, waktu merebus, air yang dipakai untuk merebus aku ganti beberapa kali supaya kuahnya bening dan baunya nggak menyengat.

Dan ini resepnya :


500 gr kikil (otot kaki) sapi bersihkan
10 bawang merah iris tipis
10 bawang putih iris tipis
3 cm lengkuas, memarkan
3 cabe merah potong kotak (tambah cabe hijau lebih baik)
Cabe rawit sesuai selera
2 lembar daun salam
2 cm kunir, memarkan
Garam sesuai selera (kemarin aku pakai sekitar 1 sdm)
Gula pasir sesuai selera (aku pakai sekitar 2 sdt)
Vetsin kalau suka sesuai selera
5 Belimbing wuluh ukuran besar potong potong
1 tomat merah potong potong
Buncis potong panjang panjang
Wortel potong panjang panjang

Cara membuat :

Rebus kikil yang telah bersih dengan air mendidih. Buang airnya beberapa kali supaya tidak prengus sampai ¾ empuk, potong sesuai selera dan sisihkan

Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, kunir, lengkuas sampai harum, tambahkan cabe merah besar

Masukkan kikil, tumis sebentar, tuangi dengan air panas, masukkan semua bumbu lainnya. (garam, gula,vetsin,belimbing, tomat, cabe rawit)

Rebus terus sampai kikil lunak.

Masukkan sisa bahan bahan lain (wortel, terakhir buncis)

Taburi bawang goreng

Sajikan dengan nasi atau lontong…





Lebih sedap lagi kalau semua bumbu (kecuali daun salam) dibakar dulu baru dipakai…tapi kemarin aku males mbakarnya..hehehe.. Nah, kalau bumbu bumbunya dibakar dulu, namanya jadi Garang Asem….




Selamat mencoba... :)

1 comment:

thekyzt said...

wah mba, segerrr banget ! baru kemaren sore aku carving lontong kikil eh lha kok liat blognya mba hanna disuguhi asem2 kikil...hmm...kapan2 aku coba deh resepnya. Thanks for sharing ya..

Kris