Tuesday 11 October 2011

Resep Oseng Oseng Labu Siam

 
amanisa2


 
Aku suka makan labu siam, atau jipang (Jateng), atau manisa (Jatim). Di masak apapun aku suka, kecuali kalau dibuat campuran rawon seperti menu salah satu katering di kantorku :D.

Labu siam biasanya aku masak sambal goreng, sayur bening, fruit coctail, oseng oseng atau hanya dikukus lalu dimakan dengan sambal. Untuk fruit cocktail, labu siam dipotong sesuai selera, rendam dengan air kapur selama 3 - 4 jam, lalu rebus dalam air gula. Beri pewarna makanan sesuai selera. Dan campurkan dengan buah buahan yang lain.

 
Ada penelitian menyatakan bahwa Labu Siam bisa mengobati darah tinggi, kholesterol, menurunkan demam, melancarkan buang air kecil dan asam urat. Pucuk daunnya yang masih muda bisa dimakan juga. Getahnya bisa untuk menghaluskan telapak kaki yang pecah pecah. Tapiiii..perhatian, untuk penderita rheumatik, tidak boleh makan labu siam karena sifat buahnya yang dingin dapat memancing kambuhnya rheumatik.

Untuk cara mengkonsumsi labu siam untuk obat, silakan browsing sendiri, banyak banget informasi mengenai ini :)

Kali ini aku share resep Oseng Oseng Labu Siamnya saja...Kali ini nggak pakai udang atau daging dagingan, jadi bisa dimasukkan dalam kategori Menu Vegetarian :D

Bahan :

3 buah labu siam,
4 bawang merah iris tipis
4 bawang putih iris tipis
3 cabe rawit atau sesuai selera
1 cabe merah besar atau sesuai selera
1/2 sdt garam
1/2 sdt vetsin
1 sdt gula pasir
2 lembar daun salam buang tangkai daunnya
1/2 jempol lengkuas/laos dimemarkan
Sedikit minyak untuk menumis

Cara Membuat :
  • Kupas labu siam, buang getahnya dengan cara dipotong jadi 2 lalu digosok gosokkan satu sama lain, sehingga keluar getahnya, cuci bersih, potong sedikit lebih besar dari korek api.
  • Tumis bawang putih, bawang merah, lengkuas dan daun salam sampai harum
  • Masukkan cabe, tumis sebentar
  • Masukkan rajangan labu siam, tumis sampai agak layu
  • Bumbui dengan garam, vetsin dan gula sampai sesuai selera
  • Masak sampai tingkat kematangan yang kita mau. Kalau aku sebenarnya suka yang masih crunchy, tapi kemarin minta si Yuk gantian ngoseng karena aku ada perlu, ternyata kelamaan masaknya jadi lemes :)
  • Sajikan....


 
amanisa1


 

 

 

 

2 comments:

resep masakan said...

makasih mbak, mak nyus

Anonymous said...

Enak! Makasih untuk resepnya..