Monday 22 October 2012

Simple Yet Yummy Banana Bread :)

01banbread



Beberapa waktu yang lalu BBG Bakul Rumahan dilanda demam bikin Banana Bread. "Pemicu"nya si Luluk, Wedding Organizer yang super sibuk tapi masih sempat menyalurkan energi positifnya ke dapur :). Postingan photo Luluk bener bener menggiurkan, dengan permukaan yang merekah sexy.

Seperti biasa, langsung kita todong Luluk untuk berbagi resepnya dan ternyata...super simpel... Check it out :

Banana Bread.

Recipe source: Santap Magazine Juli - Agustus 2003.

Bahan:

150 gr gula (buat aku agak kemanisan dikit, unless makannya dioles salted butter)
1 btr telur utuh
2 btr putih telur
125 ml minyak tdk jenuh (aku pakai margarine + mentega leleh)
235 gr pisang matang, haluskan (aku pakai pisang Cavendish yang sudah benar benar matang)
120ml yoghurt-non fat tawar (aku pakai Bio Kul)
225 gr terigu serbaguna
1 sdt BP
1 sdt Soda kue
1/2 sdt garam.

Loyang: loaf 25x10x7cm


Cara:

- Panaskan oven 180 derajat Celcius. Oles loyang dgn minyak tak jenuh. Sisihkan.
- Campur telur,putih telur,gula, minyak, pisang dan yoghurt dalam wadah, aduk rata dengan mixer kecepatan rendah sampai gula larut
- Dalam mangkuk lain, aduk rata terigu, BP, soda kue, dan garam dengan whisk. Masukkan campuran tepung ke dalam campuran pisang, aduk rata secukupnya saja dengan whisk. (Adonan akan menjadi bergerindil tapi cuekin aja :D )
- Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama 55 - 60 menit sampai kecoklatan. Lakukan tes kematangan dengan tusuk sate. Diamkan hingga agak dingin di aatas rak kawat.
- Kuenya rapuh dan mudah patah kalau masih panas. Keluarkan dari loyang dan dinginkan sepenuhnya di atas rak kawat


Dari sejak Luluk sharing resep ini, aku sudah berencana membuatkan Cinta, karena aku tahu dia suka Banana Cake (dulu suka dikasih teman kantor...nggak buat sendiri). Tapi sampai 4 kali beli pisang sampai pisangnya bener bener busuk dan dibuang karena nggak sempat sempat buat. Alasannya macem macem,yang sibuk dengan UTS Cinta, ngerjain orderan, ke luar kota sampai hawa yang terlalu panas sehingga males dan mending leyeh leyeh di kamar saja :D

Terakhir beli pisang hari Kamis lalu, membulatkan tekad bikin hari Minggu pagi pagi banget, sementara Cinta dan Bapaknya masih tidur dan suhu di luar kamar masih belum terlalu panas. Hanya sebentar persiapannya, adonan masuk oven, aku masuk kamar bermalas malasan lagi. 50 menit bau harum cake sudah menyebar... Matang, keluarkan dari oven, taruh di rak dan didiamkan dulu.

Setelah hangat, iris iris, lalu bangunin Cinta dan Bapaknya. Awalnya Cinta nggak mau nyobain, karena masih ngantuk. Tapi begitu ambil secuil, langsung ngantuknya hilang dan semangat banget makannya.... Enak banget, katanya, apalagi cakenya aku olesi salted butter...hmmm.... Secangkir kopi atau teh pahit pasti merupakan partner yang ideal :)

Cobain ya... Kalau nggak punya mixer, aduk aduk pakai whisk manual juga bisa kok :) Dan jangan protes, kenapa namanya Banana Bread, bukan Banana Cake ya... Soalnya aku juga gak tau dan gak pengen tahu, pokoknya rasanya enaaaaak ajah..



01banbread2


No comments: