Thursday 26 September 2013

Oseng Oseng Mie

 
 
2 (6)


Dari dulu aku penasaran banget sama resep mie goreng yang satu ini... Aku sering merasakan dari nasi 'bancakan' atau selamatan, dan di dalam nasi bungkus. FYI, aku memang penggemar nasi bungkus :D

Secara rasa, memang rasanya tradisional banget, nggak seperti mie goreng yang buatan restaurant, nggak banyak bumbu macam macam dan bahkan nggak pakai kecap manis sama sekali, tapi justru ini daya tariknya buat aku.

Dulu aku pernah dapat resep dari Yudhah, temanku di Sukorejo, tapi belum sempat mencobanya. Beberapa waktu yang lalu, dapat resep lagi dari mbak Wid...dan akhirnya aku niatin buat. Hasilnya perfect, seperti yang aku mau...

Ini resepnya buat yang pengen coba ya :


Bahan :

1 pak mie basah (isi 4 gulung),
5 bawang putih iris tipis
8 bawang merah iris tipis
5 bakso iris tipis - boleh juga ditambah ayam atau udang, sesuai selera
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt vetsin / gula pasir
Sejumput merica
1/2 gelas air
1/4 buah Kubis rajang kasar
3 helai seledri
1 sdm margarine
Minyak untuk menumis

Cara membuat :
 
Uraikan mie, kukus 15 menit, cuci, beri minyak 1 sdm, diaduk aduk supaya tidak lengket

Panaskan margarine dan minyak goreng, tumis baput,bamer sampai wangi, masukkan merica

Masukkan bakso, air, dan bumbu bumbu lainnya, tunggu sampai mendidih

Masukkan kubis dan seledri, tumis sampai agak layu

Masukkan mie, aduk rata sambil dikorek korek

Angkat, taburi bawang goreng,sajikan 




No comments: