Saturday 20 February 2016

Resep Semur Bola Bola Daging

 
 
Halllloooooo..................apa kabar ? Semoga kabarmu di sana baik baik saja , seperti  kabarku di sini juga baik  baik saja.... #salam pembuka khas sahabat pena waktu aku SMA dan kuliah dulu, waktu itu menulis surat untuk teman teman yang hanya aku kenal melalui foto yang hitam putih masih merupakan sesuatu yang menyenangkan# :D
 
Hari ini malam minggu, dan aku tidak punya sesuatu yang penting yang harus dikerjakan kecuali menyambangi blog ini...mumpung internetnya nggak rebutan sama dua users lain di rumahku, alias suami dan anakku :)
 
Okelah, without further ado, kali ini aku mau share resep Semur Bola Bola Daging  a la aku, yang sangat simple tapi enak...salah satu menu makan sehat yang dibawa Cinta ke sekolah pada hari Jumat.
 
Simak ya...
 
Bahan :
 
Bola daging :
 
250 - 300 gr daging sapi cincang
1/3 sendok teh merica bubuk
1/3 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh kaldu bubuk atau garam
2 sendok makan margarin
 
Kuah :
 
5 bawang merah rajang tipis
3 bawang putih rajang tipis
5 - 6 sendok makan kecap manis (aku pakai Bango)
Air secukupnya (aku biasanya sekitar 1 liter)
2 sendok makan saus tomat (aku pakai Sasa)
1/3 sendok teh merica
1/3 sendok teh pala bubuk
1 1/2  sendok teh kaldu bubuk
1 sendok makan Minyak/margarin
 
Lain lain :
 
2 Tomat buah ukuran sedang, masing masing potong menjadi 6 bagian
2 butir kentang, kupas, potong sesuai selera, goreng, tiriskan
Soun di sedu (kalau suka)
 
Cara membuat :
  1.  Campur semua bahan bola daging sampai rata. Bulatkan dengan ukuran sesuai selera, sisihkan.
  2. Lelehkan margarine di wajan, setelah panas, masukkan bola daging, gunakan api kecil saja. Putar putar bola sampai permukaannya rata berwarna putih ke abu abuan. Angkat dan tiriskan.
  3. Tambahkan margarine atau minyak ke dalam sisa margarin bekas menggoreng daging, tumis bawang merah dan bawang putih sampai Wangi.
  4. Tambahkan kecap manis, saus tomat dan air, masak sampai mendidih. Masukkan bola daging. Didihkan lagi.
  5. Tambahkan bumbu bumbu yang lain, cicipi rasanya dan tambahkan yang diperlukan. Masak kira kira 10 menit sampai benar benar meresap.
  6. Masukkan tomat dan kentang goreng. Masak sampai kentang empuk dan berwarna kecoklatan karena kuah sudah meresap. Tambahkan soun (kalau pakai).
  7. Angkat dan nikmati dengan  nasi putih. Kalau suamiku suka minta dibuatin sambal terasi buat sandingannya.
Gampang kan? Semua rasa bisa di adjust ketika proses memasak sedang dilakukan. Kalau mau kuah banyak ya tambahin aja semua bumbunya...
 
Selamat mencoba... :)
 
 

 


No comments: