Saturday 20 February 2016

Sambal Bawang a la Keluarga Cinta



Ceritanya dulu pernah ada seorang sahabat mengirimi aku berbagai macam sambal bawang dalam kemasan botol plastic. Ada yang rasa sambal bawang original, ada yang klotok (ikan asin), ikan teri, udang drago dan super pedas. Aku dan suamiku suka sekali. Setelah habis dan pengen beli sendiri, ternyata kok agak ribet karena harus dikirim dari luar kota.

Trus suatu hari, saking pengennya makan sambal bawang lagi, aku mencoba meramu ramu sendiri, dan ternyata hasilnya memuaskan. Alhasil sekarang sering 'nyetok 'di kulkas :)

Bahan :

20 bawang merah kupas, cuci bersih
6 bawang putih kupas, cuci bersih
1 genggam cabe rawit, buang tangkainya, cuci bersih
+/- 10 buah cabe merah besar, cuci, potong potong kasar
2 kotak kecil terasi (aku pakai ABC)
1 sendok teh garam 
1 sendok teh gula pasir (optional)
1/2 sendok teh vetsin (optional)
Minyak sisa penggorengan ikan asin/ikan pindang atau ayam (kira kira 3 sendok sayur standard)

Cara membuat :

  1. Goreng  bawang putih sampai kekuningan dan keriput, ulek agak halus, lalu goreng bawang merah sampai layu dan berwarna bening, ulek kasar.
  2. Goreng cabe sampai layu dan matang
  3. Haluskan cabe, garam, terasi, gula, vetsin, masukkan campuran bawang, campur rata. Cicipi rasanya, kalau ada yang kurang, tambahin.
  4. Panaskan minyak, lalu masukkan sambal  yang sudah di haluskan ini. Masak dengan api kecil selama +/- 5 menit. Sajikan sekaligus dengan minyaknya
  5. Kalau mau disimpan, dinginkan dulu, masukkan ke dalam botol, tutup rapat lalu simpan di kulkas. Ketika di dalam kulkas, minyak akan membeku dan berwarna kekuningan. Thawing sebentar sebelum disajikan lagi.
  6. Kalau mau diberi campuran teri/ikan asin/udang drago, goreng semua sampai kering lalu dicampurkan pada saat sambal di goreng terakhir. Kurangi garamnya ya...karena bahan bahan ini sudah asin.
Enjoy it !

No comments: